Minggu, 21 April 2019

Ketika Valentino Rossi Juarai GP 125cc Indonesia 1997


Start balapan kelas 125cc di Sentul

Masih ingatkah Anda ketika Valentino Rossi menjadi juara kelas 125cc di Sirkuit Sentul, Indonesia?


28 September 1997 adalah tanggal yang istimewa bagi barisan pendukung Valentino Rossi dari Indonesia.

Pada hari itu, Sentul menjadi tuan rumah seri ke-14 dari Kejuaraan Dunia Grand Prix yang melombakan kelas 500cc, 250cc, dan 125cc.

Rossi sendiri mendominasi kelas 125cc pada musim 1997. Dari 15 balapan, The Doctor menjadi juara 11 kali dan selalu naik podium kecuali tidak finis di Suzuka dan finis keenam di Phillip Island.

Pembalap yang saat itu masih mengendarai motor Aprilia pun sudah mengunci gelar juara dunia sejak dua seri sebelumnya di Brno.

Sebelum terbang ke Indonesia, Rossi sempat mengalami cedera kepala ringan dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di Italia

Ketika datang ke Sentul, ia harus memasang alat pengaman tambahan untuk membatasi pergerakan lehernya dan melindungi kepalanya.

Meski demikian, performa Rossi tidak terlalu terpengaruh dan ia masih bisa mengamankan grid start ke-4 di Sentul - Dengan demikian Rossi mengawali balapan dari baris terdepan dalam 11 ronde beruntun.

Jalannya balapan

Empat grid di baris terdepan ditempati oleh pole sitter Jorge Martinez, Tomomi Manako, Kazuto Sakata, dan Rossi.

Selepas start menuju tikungan pertama, Sakata mencuri posisi pertama sedangkan Rossi sempat turun ke P5.

Di akhir Lap 1, Rossi ternyata mampu naik ke P3 untuk menyalip Martinez dan tak lama kemudian, ia merebut P2 dari Manako saat mengerem menuju Tikungan 1.

Rossi lalu mengambil alih pimpinan lomba dari Sakata saat masuk ke Tikungan 7 dari 'S Kecil'. Di Lap 10, Rossi sudah unggul 3,935 detik di depan Sakata dan tidak pernah terkejar lagi.

Posisi tiga besar kemudian tidak pernah berubah. Setelah 26 lap, Rossi akhirnya finis pertama dengan sebuah aksi wheelie di depan Sakata dan Martinez, masing-masing tertinggal 3,028 dan 5,238 detik saat checkered flag dikibaskan.

Saat momen selebrasi di atas podium, Rossi pun terlihat jelas masih memasang alat pengaman di kepalanya. Rossi meninggalkan Sentul dengan keunggulan besar 98 poin dari Noboru Ueda.

Valentino Rossi: "Pekan lalu, saya mengalami kecelakaan di mobil saya dan kemudian di Porsche milik [Loris] Capirossi kepala saya terbentur. Seperti yang bisa Anda lihat hari ini, itu memunculkan masalah [pada kepala saya], jadi saya hanya berusaha semaksimal mungkin di sini."

Hasil balapan


Berikut galeri foto dari Sentul 22 tahun yang lalu...

Valentino Rossi membersihkan motor Aprilia miliknya di Sentul


Valentino Rossi di Sentul

Valentino Rossi bertarung melawan Kazuto Sakata di Sentul

Valentino Rossi di atas podium Sentul - perhatikan kepala dan lehernya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar