Senin, 22 April 2019

Sejarah Logo “Liverbird” Liverpool FC




Lambang Liver Bird pertama kali muncul diseragam Liverpool FC pada partai final Piala FA tahun 1950. Sekaligus menjadi hari yang bersejarah bagi Liverpool karena melakukan penampilan pertamanya di Wembley. Selama 5 tahun , Liverpool beberapa kali memakain kostum yang sama seperti dikenakan di Wembley. Hingga pada musim kompetisi 1955/1956, lambang Liverpool mengalami perubahaan pertamanya.

Dimana gambar Liver Bird berada dalam lingkaran oval dan tulisan L.F.C berada di bawah Liver Bird. Lambang versi ini bertahan hingga tahun 1968. Kemudian lambang dirubah lagi menjadi lebih modern. Lambang Liver Brid langsung disulam ke seragam pemain dengan menyingkirkan garis pijakan pada kaki Liver Bird serta lingkaran oval dihilangkan.

Kemudian pada tahun 1987, terjadi perubahan besar di Anfield saat Ian Rush memilih hengkang ke Juventus. John Barnes dan Peter Beardsley datang untuk menggantikan Rush. Logo klub mulai dipakai untuk keperluan administrasi, tulisan L.F.C dibawah logo ditiadakan. Ditahun tersebut juga terjadi pergantian sponsor seragam yaitu dari UMBRO menjadi ADIDAS.


Sejarah yang Panjang

Seiring dengan pergantian sponsor seragam, maka lambang Liverpool kembali mengalami perubahan yang ketiga. Lambang Liver bird kembali didalam tameng seperti lambang Liverpool yang pertama. Kali ini penulisan Liverpool Football Club dibawah Liver Bird tidak disingkat. Lambang ini bertahan sampai tahun 1992, dimana Liverpool FC akan mengadakan perayaan hari jadinya yang ke 100 tahun.

Untuk merayakan 100 tahun Liverpool FC, lambang klub mengalami perubahan cukup signifikan. Penambahan ornamen Shankly Gates dengan tulisan You’ll Never Walk Alone diatas tameng Liver Bird. Dimaksudkan untuk mengingatkan jasa manager Bill Shankly yang telah menjadi pondasi kokoh bagi Liverpool FC. Didalam tameng juga tertulis Liverpool Football Club 100 tahun dan lambang Liverbird. Kemudian dibawah tameng tertulis angka 1892-1992.

Tahun 1993 lambang klub mengalami penambahan kobaran api kembar dikedua sisi tameng Liver Bird. Kobaran api kembar ini untuk mengenang para Liverpudlian yang menjadi korban pada tragedi Hillsborough. Lambang ini kemudian bertahan hingga tahun 1999. Lambang ini hanya memiliki komposisi dua warna yaitu putih dan merah. Kemudian sejak 2002, lambang Liverpool FC dibuat dengan full colour. Logo Liverpool yang dihiasi 2 api kiri dan kanan memaknakan Flame of Justice untuk mengenang korban tragedi Hillborough dan Heysel.


Logo the reds dari masa ke masa


Kemudian di musim 2012/2013 , Liverpool kembali mengganti logonya, lambang Liver Bird berwarna kuning berdiri tunggal. Tidak dilengkapi dengan perisai dan oernamen Shankly Gates, hanya sisakan lambang Liver Bird dan tulisan L.F.C berwarna kuning, sama seperti logo yang dipakai tahun 1976-1986.  



Kemudian pada musim 2017/2018 , Liverpool menambahkan bentuk logonya, dalam rangka perayaan 125 tahun klub Merseyside itu berdiri. Disamping kanan dan kiri Liver Bird terdapat angka 1892 dan 2017 kemudian di bawah huruf L.F.C terdapat tulisan 125 years.


Dan di musim 2018/2019 ini , Liverpool kembali mengganti warna logonya, lambang Liver Bird berwarna putih berdiri tunggal. Tidak dilengkapi dengan perisai dan oernamen Shankly Gates, hanya sisakan lambang Liver Bird dan tulisan L.F.C berwarna putih, yang sama seperti logo yang dipakai tahun 1969.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar