Senin, 15 April 2019

Lima Manfaat Mendengar Musik Metal



Mendengar musik dipercaya dapat menjernihkan pikiran dan meredam stres. Biasanya orang memilih musik bertemakan relaksasi atau musik dengan nada yang lembut dan mendayu.

Tapi siapa yang menyangka ternyata musik metal yang identik dengan distorsi gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang dan ketukan cepat ternyata punya manfaat positif juga lho. Dilansir  paragram.id, berikut manfaat mendengar musik metal yang bisa kalian dapatkan.


1. Bikin Bahagia dan Semangat


(Ilustrasi/dreadcentral.com)

Musik metal biasanya punya hentakan dan alunan irama yang cepat. Kalo kita terbiasa dengerin musik begini, mood kita otomatis menjadi lebih baik.

Kita jadi lebih semangat dan enggak ada lagi kesan galau yang hinggap di diri kita. Jangan metal sih kalo lagi pengen galau-galauan, banyak kok jenis genre lain. Metal enggak ngajarin itu.


2. Bikin Kita Lebih Memaknai Hidup



Headbang konser metal. (Foto: Wikipedia)

Dalam bermusik, sang musisi biasanya menyelipkan pesan-pesan. Harapannya, pesan itu bisa didapatkan dari mereka yang mendengarkannya.

Musik metal pun demikian. Kedengerannya aja yang cadas dan kesannya urakan. Padahal, beberapa lagu metal, sejauh sejarah perkembangannya, punya pesan-pesan tersirat yang kuat lho. Coba, sejauh ini kalian dapet pesan apa sih dari musik-musik metal yang sering kalian dengerin?


3. Bikin Kita Peka dengan Lingkungan



Gestur metal selalu dikeluarkan saat nonton konser band metal. (lifestyle.newseria.pl)

Lirik-lirik lagu bergenre metal sering banget terdengar kasar. Tapi enggak semua lagu bergenre ini berisi tentang kebencian gengs.

Ada berbagai lagu yang justru malah ngasih kita sebuah satire menarik tentang fenomena dan permasalah yang terjadi sehari-hari, tentunya di lingkungan sosial kita.

Bisa juga dalam lingkungan lokal hingga global. Ketidak-adilan, kekerasan, dan lain sebagainya. Jadi musik metal emang bisa melatih kalian untuk lebih peka terhadap urusan sosial di sekeliling kalian.


4. Jadi Wadah Kritik dan Berekspresi


(Foto/ibtimes.co.uk)

Musik metal bisa juga dijadikan karya untuk kalian yang pengen melampiaskan emosi. Kalian emang lebih baik bikin sesuatu yang berguna sih. Kan bermangfaat gengs!

Dengan genre metal misalnya, kalian bisa luapkan kemarahan kalian akan suatu hal. Ini bakal asik apalagi kalo digarap dengan tepat. Dengan musik yang tepat, dengan penyampaian pesan yang cerdas.

jadi itu lho gengs yang dimaksud para musisi di jalur metal untuk meluapkan emosi-emosinya. Secara kreatif mereka kembangkan emosi yang tak tersalurkan menjadi sebuah lagu yang asik.


5. Bikin Kita Sadar Kalau Dunia Ini Beragam


(Foto: tenor.com)

Musik metal adalah genre musik yang kesannya urakan. Liriknya kotor, dan sering mengundang kontroversi atau menyulut kebencian. Untuk beberapa lagu emang gitu. Padahal nih, bisa aja yang nganggep begitu emang enggak sadar akan eksistensi musik bergenre ini menyebarkan pesan-pesan yang baik.

Lewat musik ini, sebenernya kita diajak untuk menyelami pula betapa dunia ini begitu kaya. Dunia ini bukan cuma mereka-mereka yang peduli terhadap dirinya sendiri. Dunia ini punya kehidupan yang beragam. Kalian harus peka akan hal itu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar